Gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diselenggarakan hari Kamis (20/6) dengan tema “Peduli Budaya, Lingkungan & Sesama”. Gelar karya ini merupakan gelar karya pertama kali yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Lasem. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelas 7 dan 8 yang sudah menggunakan kurikulum merdeka.
Acara gelar karya yang dilaksanakan di hall digelar dengan meriah dengan berbagai penampilan diantaranya tarian orek-orek, tari kreasi daerah, fashion show batik & baju adat, drama KPPS, Senam P5, Musikalisasi puisi dan terakhir ditutup dengan kampanye anti bullying. Selain penambilan tersebut juga terdapat stand-stand di samping kanan dan kiri hal dimana untuk kelas 7 tema sesuai daerah Indonesia sedangkan untuk kelas 8 tema bebas karena pada saat 1 tahun kegiatan P5 kelas 8 tidak mendapat tema tentang keanekaragaman budaya.
Stand-stand kelas 7 berisi jajanan kearifan lokal daerah setempat seperti jalnya terdapat sayur mrico, lontong tuyuhan, sate serepeh, dumbeg, legen, sirup kawis dan masih banyak langi tentang kearifan lokal kabupaten Rembang. Sedangkan stand kelas 8 berisi pameran produk P5 sepert halnya eco enzim, pupun kompos, pot dari handuk bekas dan eco candle.
Kegiatan ini dihadiri oelh bapak pengawas SMPN 1 Lasem Bapak Slamet Prayitno, M.Pd., Pengurus komite, pengurus paguyuban orang tua dan SD sekitar sekolah.
Gelar karya ini dibuka oleh ibu kepala SMPN 1 Lasem Ibu Estu Budi Winarni, S.Pd. bersama bapak pengawas Bapak Slamet Prayitno, M.Pd. sekitar jam 08.00 WIB .